Monday, May 23, 2011

Strategi Bisnis Online Untuk Pemula

Strategi Bisnsi Online ini khusus pemula. Bagi anda para milyarder bisnis online, saya minta untuk melengkapi tulisan sederhana saya ini.

Bisnis Online juga perlu strategi. Siapa bilang bisnis online bisa sukses dengan instan??? Semua butuh proses dan kerja keras, keterampilan dan strategi yang tepat. Tanpa strategi yang tepat, bisnis online yang dijalankan akan sia-sia dan berakhir dengan kekecewaan.

Stop!!! Melakukan bisnis online tanpa panduan. Sebelum anda melakukan bisnis online alangkah baiknya anda baca strategi bisnis online untuk pemula ini. Sebuah pembelajaran sederhana yang akan menuntun langkah demi langkah bagaimana menjalankan bisnis online.

1. Tentukan Tema Bisnis Online Anda
Menentukan tema bisnis online sangat penting, hal ini nantinya akan berkaitan dengan produk apa yang akan dijual, keyword apa yang akan menjadi target, siapa sasarannya.

2. Lakukan Survey Bisnis Online
Untuk melakukan survey, test keyword yang akan menjadi pilihan anda pada google. Bukalah semua web yang muncul dalam 10 besar hasil pencarian google. Pelajari detail dari web-web tersebut. Pelajari apa yang menyebabkan mereka bisa muncul dalam top ten SERP.

3. Rancang dan Test Dulu Web Bisnis Online Anda
Setelah menentukan tema, saatnya sekarang anda beramain-main dengan script web bisnis online pada server localhost pada komputer anda. Optimalkan dulu web bisnis online anda. Pastikan meta tag pada web anda sudah benar-benar tepat dalam membidik keyword yang dituju dan sesuai dengan produk anda, sehingga bisa bersaing dengan web-web hasil suvey. Test terlebih dahulu, patikan tidak yang eror baik fungsi database maupun link.

Kalau anda menggunakan script auto respon, teliti secara benar email yang akan terkirim nanti. Jangan sampai ada email yang salah penulisan bahasa, salah penulisan nomor rekening, nama admin dan lain sebagainya. Buat bahasa email sesopan mungkin.

4. Publish Web Bisnis Online Anda
Setelah yakin, semua kompoenen web berjalan dengan benar. Sekarang saatnya anda melaunching bisnis online pertama anda. Syaratnya tentu anda harus memiliki hosting dan domain. Untuk informasi web hosting dan domain coba anda carai sendiri di google. Untuk mengetahui tentang hosting dan domain silakan baca artikel saya Web Hosting dan Domain.

5. Lakukan Promosi Bisnis Online Anda
Sebagus apapun produk anda, sebagus apapun bahasa penyampaian anda. Kalau informasi tersebut tidak sampai kepada khalayak tidak akan ada pembeli. Promosikan bisnis online anda. Ada dua cara berpromosi, yaitu promosi online dan promosi ofline.

Promosi online bisa melalui search engine, iklan baris, mailing list, forum-forum, social bookmark, bisa juga blog walking (door to door) anda menawarkan bisnis anda ke semua blog yang anda temui.

Promisi Off line bisa melalui selebaran, surat kabar, radio atau buat stikel yang ditempel pada kendaraa. Bisa juga anda membuat t-shirt yang bertuliskan alamat web anda, kemudian anda pake di setiap aktifitas anda. Saya yakin dari sekian orang yang membaca tulisan pada kaos anda, ada yang penasaran kemudian membukanya di internet.

Promosi bisnis online melalui search engine adalah wajib, karena sebagian besar pengunjung web atau blog adalah berasal dari mesin pencari, khususnya google. Jadi optimalkan web anda agar bisa diindek dengan baik oleh google.

Sekian strategi bisnis online untuk pemula dari saya. Mudah-mudahan ada manfaat dari tulisan sederhana ini. Khususnya bagi anda para pemula di bidang bisnis online. Salam Sukses!!!

No comments:

Post a Comment