Wednesday, December 8, 2010

Bagaimana memperoleh Trafik dari Search Engine dengan mudah?

Belajar SEO Blogspot – Belakangan ini saya sering bertanya-tanya kepada diri saya sendiri, bagaimana sich cara yang paling mudah untuk memperoleh yang namanya trafik dari search engine itu?? Saya sendiri sempat penasaran dan terus melakukan kegiatan riset kecil-kecilan di berbagai blog untuk mendapatkan jawabannya. Untuk itu sebagai blogger yang masih baru belajar SEO blogspot, saya akan mencoba untuk membahasnya disini.


Seperti yang telah kita ketahui bersama, untuk mendapatkan trafik khususnya dari mesin pencari seperti google, yahoo, msn, bing, dll membutuhkan yang namanya optimasi agar dapat meningkatkan trafik kunjungan. Optimasi ini telah banyak dilakukan dari dulu, semisal optimasi seo blogspot, optimasi keyword, dan masih banyak lagi optimasi-optimasi lainnya yang mutlak harus kita terapkan.

Setelah merayap kesana kemari, akhirnya saya mendapatkan sebuah titik terang untuk menjawab semua ini. Walaupun sebenarnya mungkin masih banyak lagi cara yang lebih ampuh dari para master di luar sana. Tetapi apa salahnya juga untuk mencoba yang satu ini, bukan?



Berikut sedikitnya ada 10 cara mudah untuk memperoleh trafik dari search engine yang saya dapatkan dari hasil penelusuran saya di berbagai blog master.

1.      Membuat judul tag search engine friendly
Salah satu modifikasi yang paling penting yang diperlukan untuk blogspot adalah penyesuaian tag judul dari situs sobat, karena blogger secara default ini tidak dioptimalkan untuk mesin pencari. Untuk membuktikan hal ini menavigasi ke individu posting di blog sobat sehingga sobat akan melihat bahwa blogname muncul pertama di bar judul di bagian atas browser sobat diikuti dengan nama posting. Sebagai mesin pencari menempatkan nilai yang lebih besar pada kata-kata pertama dari sebuah entri ini menempatkan situs sobat pada posisi yang kurang menguntungkan dalam hasil mesin pencari. Untungnya mudah untuk membalikkan nama blog dan nama posting dengan tweak sederhana. *baca juga: Kekurangan Blogspot untuk SEO dan Solusinya

2.      Membuat search engine permalinks
Blogger secara otomatis menghasilkan permalink berdasarkan judul posting sobat setiap kali sobat membuat postingan. Untuk alasan ini penting untuk menyusun buku sobat dengan hati-hati. Permalinks kadang-kadang kurang dari ideal terutama jika sobat memiliki judul panjang.

3.      Menambah tombol jaringan sosial
Dengan menambahkan tombol social bookmark ke blog sobat akan memungkinkan pengunjung ke blog sobat untuk menciptakan link ke situs bookmark sosial populer seperti Google, Technorati, Facebook, MySpace, Digg, Stumble Upon, Reddit, Delicious, Furl, Yahoo, Lintas Berita, dll. Hal ini berarti bahwa pengunjung blog sobat akan dapat berbagi link-link dengan orang lain sehingga membantu sobat menarik lebih banyak trafik ke blog sobat dan mendorong untuk berkunjung lagi. Manfaat lain dari sebuah tombol bookmark sosial adalah bahwa sobat akan dapat mengidentifikasi trend pengunjung dan perilaku sosial bookmark di situs sobat. *baca juga: Cara Memasang Button Sosial Bookmark di Blog

4.      Mengirim sitemap blog ke search engine terkenal
Sangatlah penting bahwa sobat memastikan bahwa blog sobat telah terindeks oleh mesin pencari populer seperti Google, Yahoo dan MSN. Salah satu cara untuk mempercepat ini adalah untuk mengirimkan sitemap ke masing-masing dari tiga mesin pencari utama. *baca juga: Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine, Cara Praktis Mendaftarkan Blog ke Search Engine

5.      Membangun kualitas link
Jika sobat ingin peringkat tinggi di Google dan mesin pencari lainnya maka sobat hanya perlu untuk menghasilkan kualitas link yang masuk. Beberapa cara dilakukan adalah dengan mensubmit blog ke blog direktori yang dofollow, seperti Blogcatalog, Mybloglog, dan banyak lagi lainnya. *baca juga: Tips Cara Mendapatkan Pengujung Blog

6.      Menulis konten menarik yang berkualitas
Menulis dengan konten-konten yang menarik pada blog akan mengundang orang untuk kembali lagi berkunjung dan sesering mungkin mengupdate blog sehingga pengunjung tidak bosan berkunjung.

7.      Pastikan konten yang ditulis mengandung banyak keyword
Pada postingan yang akan sobat tulis sebaiknya adalah menulis lebih banyak keyword sehingga kemungkinan besar akan muncul paling atas pencarian di search engine. Pada saat menulis posting pastikan kalimat pembuka sobat menjelaskan tentang apa yang ada di artikel ini dan berisi keyword dan juga frase keyword. Penting sekali bahwa kalimat pertama sobat adalah keyword yang banyak dicari sebagai mesin pencari seperti Google memberikan penekanan lebih untuk konten pada awal posting tersebut. Juga layak termasuk pernyataan berakhir singkat tentang isi posting karena ada beberapa bukti bahwa Google juga menempatkan nilai pada isi pada akhir posting tersebut.


8.      Kelola feed
Feed membantu pengunjung sobat menemukan situs sobat sehingga mereka perlu dikelola dengan hati-hati untuk membuat sebagian besar dari mereka. Feed situs sobat merupakan cara penting untuk membuat link balik (backlink) juga. Link balik (backlink) dari situs otoritatif sangat berharga dan dapat meningkatkan peringkat halaman sobat.

9.      Optimalkan pemakaian gambar
Kemungkinan sobat tidak memikirkan untuk masalah gambar bila sobat memasukkan gambar ke dalam posting sobat, tetapi gambar dapat dioptimalkan dengan menggunakan nama file yang hati-hati dan atribut Alt. Ketika gambar penamaan menghindari nama panjang. Alih-alih memberikan nama file gambar sobat yang berbeda bukan sesuatu generik seperti 00001.jpg yang tidak ada artinya.

10.  Mengambil keuntungan dari layanan Web Analytics
Setelah melaksanakan beberapa strategi untuk meningkatkan merangkak dan mengindeks situs sobat ke mesin pencari Google, Yahoo dan MSN kemungkinan sobat akan ingin melihat bagaimana perubahan tersebut berdampak pada trafik di situs sobat. Web Analytics program adalah alat yang berharga untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku pengunjung dan tren.



Nah, sebenarnya masih ada cara lain lagi selain cara di atas, dan ini merupakan pandangan saya selama ini, yaitu blogwalking. Seperti yang pernah saya jelaskan pada postingan lalu (Blog Anda Sepi Komentar? Gampang!), salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan trafik pengunjung adalah dengan melakukan kegiatan jalan-jalan ke blog orang ini. Cara ini memang sudah dari dulu ada, tetapi menurut saya ini adalah salah satu kewajiban blogger juga untuk mendapatkan trafik blog.


Baik, demikianlah postingan bagaimana memperoleh Trafik dari Search Engine dengan mudah kali ini, semoga dengan menerapkan sedikit langkah-langkah emas belajar SEO blogspot di atas dapat membantu sobat untuk memperoleh trafik yang gemilang untuk blog sobat. Jika ada sobat pembaca yang mempunyai pendapat atau mungkin tambahan, silakan gunakan kotak komentar untuk mencantumkannya. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment