Monday, December 27, 2010

Seberapa Jauh Anda Mengenal SEO Off Page?

Belajar SEO Blogspot – SEO! SEO! Dan SEO! Tidakkah sobat bosan dengan akronim itu? Sebetulnya ia! Tapi rasa cinta sobat yang besar terhadap blog sobat telah melumpuhkan mata sobat untuk terus melakukan optimasi SEO blogspot. Dari awal sampai akhir, kita selalu dihadapkan dengan makhluk misterius satu ini. SEO! Tetapi, tahukah sobat teknik-teknik SEO apa saja yang harus sobat lakukan agar tidak salah arah?

Kalau cuma sekedar untuk memahami apa itu SEO sangat mudah bagi sobat. Cuman bagaimana caranya agar blog sobat itu menjadi benar-benar SEO. Tentu lain jawabannya. Jika pada tempo hari saya pernah memposting artikel yang berjudul “Apa sich itu SEO sebenarnya?”, maka hari ini dalam postingan ini saya akan membahas salah satu dari sekian banyak teknik SEO blogspot.

Sebenarnya ada 2 teknik SEO blogspot yang bisa sobat lakukan, yaitu :
  1. Pertama, SEO On Page (SEO ke dalam), dan
  2. Kedua, SEO Off Page (SEO ke luar).

Untuk SEO On Page, saya sudah pernah membahasnya di dalam halaman ini. Dan sekarang giliran saya untuk membahas mengenai apa itu SEO Off Page.

SEO Off Page memiliki pengertian optimasi SEO terhadap situs dengan menggunakan media dari situs lain. Nah, apa saja caranya?

Cara ini sebenarnya juga mudah, asal kita tahu dan mau melakukannya. Diantaranya adalah :
  1. Daftarkan blog ke search engine, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain
  2. Daftarkan blog ke blog directory
  3. Daftarkan (submit) artikel ke article directory dan juga social bookmarking
  4. Promosikan alamat blog ke blog lain (pasang iklan)
  5. Tukeran link (link exchange) atau tukeran banner (banner exchange) dengan blog lain
  6. Blogwalking + berkomentar pada blog dofollow (terutama blog yang memiliki PR tinggi)
  7. Gabung dengan komunitas blog atau forum-forum (kalau bisa yang sealiran tema)
  8. Membangun backlink yang berkualitas
  9. dan masih banyak lagi ....

Lebih kurang itulah pengertian SEO Off Page menurut saya. Saya bisa saja salah, maka dari itu pendapat lain sobat yang berkualitas sangat saya nantikan disini untuk saling bertukar pikiran.

Nah, itulah tadi yang sudah kita pelajari tentang seberapa jauh Anda mengenal SEO Off Page? Sekarang cukup sampai di sini dulu dan sekarang sobat sudah boleh pulang. Jangan lupa kemari besok untuk menyadap postingan artikel belajar SEO blogspot selanjutnya!

baca juga:

No comments:

Post a Comment