Friday, June 17, 2011

Hati-Hati Dengan Link Exchange Anda!

Sepertinya hal seperti ini sudah pernah dibahas di beberapa tempat, tapi yang jelas saya mencoba untuk berbagi pengalaman terkait masalah ini.

Bagi sebagian blogger, kita sudah tahu bahwa link exchange itu merupakan salah satu faktor penting dalam mendongkrak Pagerank suatu blog di search engine Google. Tapi jangan salah! Link exchange juga dapat membuat situs kita jatuh ke jurang urutan terdalam search engine.

Kenapa begitu yah?

Mungkin tips menggunakan link exchange berikut ini dapat menjelaskan pokok permasalahan tersebut.

1.      Memilih blog yang setema

Bila blog kita bertemakan SEO blogspot, maka mulailah meilirik blog yang setema dengan blog tersebut. Misalnya, ada beberapa blog dengan tema belajar SEO blogspot, teknik SEO blogspot, optimasi SEO blogspot, maka ajaklah blog tersebut untuk bertukaran link dengan blog kita yang setema. Tidak lucu kalau blog kita yang bertemakan SEO bertukaran link dengan blog yang bertema Travel atau Musik. Hum, ngakak!

2.      Gunakan Text Link daripada Banner Link

Mengapa? Sebab googlebot tidak suka dengan image banner. Dia lebih suka membaca dan menilai text sebagai point lebih dibanding dengan image. Dan usahakan juga menambahkan descriptions dari blog yang diajakan tukeran link dalam bentuk text di bawah text link tersebut. Ini akan menambah keyword dalam page blog kita dibandingkan dengan banner yang tidak begitu bernilai di mata googlebot yang katanya buta itu.

Jika memang terpaksa harus menggunakan banner image dengan alasan menjaga appearance blog agar tetap indah dengan adanya banner-banner yang mengundang mata untuk mengkliknya (kayak iklan aja ya..), jangan lupa untuk menambahkan kode ‘alt’ pada image. Ini dilakukan untuk tetap menjaga SEO blog Anda.

3.      Jangan menampilkan link dari blog lain milik kita sendiri

Jangan menampilkan link dari blog kita sendiri ke blog kita yang lain. Apalagi bila seluruh situs tersebut dibuat dari satu komputer yang sama. Misalnya, Anda punya blog A dan blog B. Jangan sekali-kali Anda mencoba untuk saling menghubungkan link antara kedua situs tersebut. Bila ini Anda lakukan juga, waspadalah! Dijamin blog Anda akan jatuh ke jurang ngarai terdalam search engine.

Kenapa? Baca disini.

Semoga bermanfaat.

Dan jika ada yang bingung dan ingin bertanya seputar topik di atas tentang Hati-Hati Dengan Link Exchange Anda! silakan cantumkan di bagian komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment