Wednesday, May 9, 2012

Cara Membuat Page Number di WordPress

Page Number atau nomor halaman pada blog memberikan kemudahan kepada kita untuk melihat halaman posting yang lama dan tidak terlihat di halaman utama blog secara cepat. Untuk membuat Nomor Halaman (Page Number) di blog WordPress, kita bisa menggunakan bantuan sebuah plugin yang diberi nama dengan wp-page number. Plugin tersebut bisa di dapatkan di http://wordpress.org/extend/plugins/wp-page-numbers/. Download dan save plugin tersebut di hardisk komputer anda, kemudian upload pada hosting yang anda gunakan.

Setelah plugin di upload, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah meng-aktifkan plugin wp-page number yang telah di upload tersebut melalui wp-admin. Caranya : pada halaman dasbor klik menu Plugin kemudian pilih Aktifkan pada plugin wp-page number. Setelah plugin di aktifkan, page number (nomor halaman) belum muncul pada blog wordpress, terlebih dahulu kita harus meng-edit file di index.php seperti berikut : 

Buka file index.php, temukan dan gantilah kode seperti 'next_posts_link()' and 'previous_post_link()' dengan kode :

<?php if(function_exists('wp_page_numbers')) { wp_page_numbers(); } ?>

Sebelumnya :

<div class="navigation">
       <div class="alignleft"><?php next_posts_link('Previous') ?></div>
       <div class="alignright">&lt?php previous_posts_link('Next') ?></div>
</div>

atau yang sejenisnya. Kode di atas akan menampilkan PREVIOUS ENTRIES dan NEXT ENTRIES. Jadi, kode di atas harus di ganti dengan kode yang telah ditunjukkan sebelumnya sehingga menjadi : .

<div class="navigation">
       <?php if(function_exists('wp_page_numbers')) { wp_page_numbers(); } ?>
</div>

Lakukanlah pengaturan dari submenu "wp-page-number" untuk mengganti jenis dan bentuk page number (nomor halaman) dan lain sebagainya sesuai dengan pilihan.

No comments:

Post a Comment