Tuesday, January 18, 2011

10 Kekeliruan Yang Mungkin Anda Lakukan Ketika Sedang Menulis Postingan

Belajar SEO Blogspot – Memahami SEO blogspot tak hanya berkutat pada hal optimasi blog saja, tetapi juga bagaimana kita bisa membuat postingan yang berkualitas dan baik buat pengunjung kita. Seperti yang sudah pernah saya bahas dalam postingan sebelumnya di “Terlalu SEO, baik atau tidak?”, postingan atau konten adalah ‘raja’ ! Jadi blog kita akan semakin meningkat trafik pengunjungnya jika isi dari blog kita yakni postingan memiliki nilai lebih bagi pengunjung.

Dalam usaha untuk membuat postingan yang bernilai tinggi pastilah anda pernah melakukan beberapa kekeliruan saat menulis postingan. Kekeliruan itu memang tidak disengaja. Jadi wajar-wajar saja kalau ada beberapa kata yang mungkin salah. Untuk itu berikut akan saya paparkan 10 kekeliruan yang mungkin anda lakukan ketika sedang menulis postingan :

1.      Salah ketik

Kekeliruan ini memang yang paling sering terjadi di setiap blogger, termasuk juga saya. :D Bentuk dari kekeliruan salah ketik ini bisa kita temukan jelas yang berupa kurangnya beberapa huruf (misalnya oran untuk orang), salah menempatkan huruf (misalnya bnetuk untuk bentuk), salah menggunakan huruf tertentu (misalnya perpect untuk perfect), dan masih banyak lagi yang dengan mudah bisa kita temukan.

Namun jangan remehkan beberapa kata yang salah ketik. Jika anda membiarkan kebiasaan yang bisa dibilang tidak baik ini terus dipelihara, bisa-bisa pengunjung anda tidak betah lagi membaca postingan-postingan anda itu. Alhasil, trafik pun akan menurut dari sebelumnya. Apakah anda mau trafik anda menurun drastis hanya karena hal sepele seperti ini?

2.      Salah alamat link

Kekeliruan kedua yang sering terjadi adalah salah memasukan alamat link. Kesalahan memasukan alamat link sering saya liat di sejumlah blog, misalnya ada URL yang menggunakan dua http:// atau semacamnya.

Contoh :

Alamat URL yang salah : hhttp://alamaturl.com
Alamat URL yang benar : http://alamaturl.com

Jika anda melakukan kekeliruan ini berarti anda telah menggagalkan sebagian optimasi SEO yang anda lakukan. Kesalahan ini sangat berdampak pada search engine. Seperti yang kita tahu bahwa search engine terutama google tidak suka dengan alamat link yang salah atau broken link bukan. Jika ini banyak terjadi pada blog anda berarti blog anda sudah tidak SEO lagi. Silakan cek kembali link-link yang ada di blog anda termasuk juga dalam postingan, apakah ada link-link yang salah seperti ini. ;) Jika mungkin ada segeralah perbaiki.

3.      Keliru membuat anchor text

Anchor text merupakan teks yang digunakan untuk menautkan ke alamat tertentu. Ini juga berperan penting dalam hal SEO selain point di atas tadi. Contoh kesalahan yang sering kita temui adalah :

  1. Anchor text                  :   belajar seo blogspot
Link yang ditautkan      :   http://resepmasakan.com

  1. Anchor text                  :   belajar seo blogspot
Link yang ditautkan      :   http://belajarseoblogspot.com

Melihat kedua contoh di atas, coba anda bandingkan, yang mana yang lebih SEO di antara kedua itu? Jelas sekali jawabannya yang kedua ! Contoh yang pertama itu tidak relevan antara anchor text dengan linknya, sedangkan contoh yang kedua itu sangat relevan, cocok antara anchor text dengan linknya yang ditautkan. Jadi buatlah anchor text yang relevan (cocok) dengan link yang ditautkan, sehingga SEO yang kita lakukan tetap diterima oleh search engine.

4.         Keliru tata bahasa

Walaupun bahasa Indonesia telah dipelajari semenjak sekolah dasar, namun ternyata ada saja tata bahasanya yang dilanggar. Misalnya, mempesona. Padahal, yang benar adalah memesona karena huruf p yang teletak pada huruf pertama suatu kata akan berubah menjadi m bila ditambahi awalan me.

5.         Tidak memiringkan bahasa asing

Dalam bahasa Indonesia, kata dan atau kalimat asing harus dimiringkan. Beberapa kali saya tidak memiringkannya, misalnya internet marketing yang seharusnya internet marketing dan search engine yang seharusnya search engine. :D

6.         Lupa menyisipkan read more

Saya lebih senang memotong tulisan yang tampil di halaman depan dengan fasilitas read more (baca selengkapnya). Adakalanya saya lupa menggunakan fasilitas tersebut sehingga postingan tersebut tampil utuh di halaman depan. Dengan adanya fasilitas read more yang diberikan oleh blogger.com ini semakin menambah ke-SEO-an blog serta blog juga akan menjadi lebih reader friendly. (Baca: Cara Mengedit Template Blog Agar SEO Friendly)

7.         Keliru menempatkan kategori

Kekeliruan ini bisa berupa dua macam yaitu salah kategori atau luput memilih kategori yang ada. Salah kategori misalnya terjadi ketika anda hendak menempatkan pada kategori SEO, namun yang dipilih adalah kategori Strategi Ngeblog. Sementara itu, luput memilih kategori mengakibatkan postingan yang diterbitkan tidak memilik kategori (uncategorized). Mulailah teliti untuk memilih kategori, jangan sampai kategori yang ada anda tidak masukan.

8.         Lupa memberikan link kepada sumber gambar yang diambil

Kekeliruan ini terjadi di awal-awal ngeblog. Saya menyisipkan gambar atau foto di postingan tanpa menyebutkan sumbernya. Kekeliruan yang sama terjadi juga pada foto-foto yang saya ambil untuk blog ini.

9.         Tidak memeriksa ulang tulisan

Memeriksan kembali tulisan sebenarnya sebuah finishing yang seharusnya anda lakukan ketika point-point di atas terjadi di postingan anda. Misalnya, setelah selesai menulis, anda sering terburu-buru menekan tombol Publish. Akibatnya, postingan kerap mengandung kata-kata yang salah ketik dan kekeliruan lainnya. Bangunlah kebiasaan baik untuk mengecek kembali tulisan anda itu sebelum mempublikasikannya.

10.       Keliru memilih waktu postingan terjadwal

Postingan terjadwal kerap saya siapkan untuk mengantisipasi hari-hari sibuk saya. Sayangnya, tanpa disadari, beberapa kali saya keliru memilih waktu (tanggal, bulan, tahun, dan jam) terbit postingan tersebut. Akibatnya, postingan terbit tidak sesuai jadwal.

Nah, itulah tadi 10 kekeliruan yang mungkin anda lakukan ketika sedang menulis postingan. Semoga dengan postingan ini, bisa membuat anda semakin teliti dan tidak melakukan kesalahan yang sama ketika sedang menulis sebuah postingan di blog Mungkin anda sendiri punya pengalaman yang lebih untuk bisa dibagikan disini, silakan saja berkomentar. Untuk postingan saya selanjutnya saya akan kembali mengulas masalah tentang SEO. Jadi jangan ganti channel anda yaah.. ;D

No comments:

Post a Comment