Wednesday, January 5, 2011

Bagaimana Menggunakan Long Tail Keywords Yang Baik?

Belajar SEO Blogspot – Bisa nangkring di search engine merupakan kebanggan tersendiri sebagai pemilik blog seperti kita. Banyak cara dilakukan untuk bisa tetap nangkring di search engine, mulai dari optimasi SEO blogspot, promosi blog, dan masih banyak lagi yang bisa kita temukan caranya. Namun sebenarnya masih ada cara lain lagi. Cara ini terbilang yang paling sederhana, tetapi cukup bisa  menjadi pemicu utama untuk kesuksesan blog kita di search engine. Apa itu? Optimasi dengan menggunakan Long Tail Keywords (kata kunci ber-frase) !

Jika sobat belum begitu familiar dengan istilah ini, yuk simak terus sedikit penjelasan berikut ini. Namun jika ada sobat yang sudah paham dan mengerti dengan ini, sobat boleh meloncat ke halaman berikutnya.

Apa itu Long Tail Keywords?

Long Tail Keywords (kata kunci ber-frase) merupakan kata kunci multi frase (kata) yang diketik pengunjung di mesin pencari (search engine). Kata kunci ini lebih spesifik (mengkhusus) daripada kata kunci umum. Berikut saya paparkan beberapa contoh long tail keywords tersebut :

Saya mengambil contoh studi kasus yakni “belajar SEO blogspot” :


“belajar SEO blogspot” adalah contoh kata kunci umum, sedangkan untuk long tail keywords-nya berupa :

  • “belajar SEO blogspot untuk pemula”
  • “teknik belajar SEO blogspot untuk blogger pemula”
  • “tempat belajar SEO blogspot pemula”

Saya yakin, sobat pasti sudah mengerti dengan contoh saya di atas! :)

Apa keuntungan Long Tail Keywords ini?

Karena teknik ini sangat cukup dibutuhkan di search engine, maka berikut adalah beberapa keuntungan dalam menggunakan long tail keywords ini :

  1. Long tail keywords ini memberikan konversi yang lebih tinggi
Pengunjung yang datang melalui mesin pencari dengan mengetikkan long tail keywords umumnya berniat membeli sesuatu secara online. Dengan menembak long tail keywords, peluang sobat (terutama yang lagi membangun bisnis online marketing) untuk menjaring pembeli lebih besar.

  1. Long tail keywords lebih mudah ter-ranking di search engine
Hal ini karena long tail keywords umumnya sedikit kompetitornya.

  1. Peluang lebih banyak pengunjung datang cukup besar
Dengan terangking baik di mesin pencari, maka blog atau website sobat tentunya akan banyak menjaring pengunjung.

  1. Potensi CTR tergolong lebih tinggi
Pengunjung yang datang lewat mesin pencari sangat bernilai karena mereka adalah pencari informasi, sehingga besar peluang mereka mengklik iklan (adsense, PPC, dan lain-lain) yang ada di blog sobat (khususnya untuk blog marketing). Dengan demikian, Click Through Rate (CTR) adsense sobat tentunya lebih tinggi.

Bagaimana menggunakan Long Tail Keywords?

Setelah menemukan long tail keywords, satu hal terpenting adalah membuat judul yang mengandung long tail keywords. Untuk long tail keywords pada contoh di atas, berikut adalah contoh judul-judul yang bisa sobat gunakan :

  • Kiat Sukses Belajar SEO Blogspot Untuk Pemula
  • Teknik Belajar SEO Blogspot Yang Efektif Untuk Blogger Pemula
  • Dimanakah Tempat Belajar SEO Blogspot Yang Baik?

Jadi, buatlah judul yang senyambung mungkin dengan long tail keywords yang sobat gunakan! Ok
Sobat juga bisa menggunakan kata-kata yang lain yang tentunya lebih variatif lagi.

Apa saya saya bahas mengenai long tail keywords di atas tadi hanyalah merupakan dasar untuk menggunakan long tail keywords yang baik untuk bisa nangkring di search engine. Saya bisa saja kurang atau salah dalam pembahasan, untuk itu kritik dan juga saran dari sobat pembaca yang membangun saya nantikan selalu di kotak komentar. ;)

Sekian dulu dari saya. Semoga dengan pembahasan kali ini, sobat lebih bisa menggunakan long tail keywords dengan baik. Salam.

No comments:

Post a Comment