Saturday, January 1, 2011

Menganalisa Teknik Optimasi SEO Internal Wikipedia

Belajar SEO Blogspot – Siapa yang tak kenal dengan Wikipedia? Saya yakin pasti semua sudah mengenal situs yang menyajikan berbagai macam ensiklopedia bebas ini. Tapi pernahkah sobat berpikir kenapa Wikipedia ini dapat mendominasi hampir di semua keyword kompetitif di semua mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, dan MSN? Kita melihat sering sekali Wikipedia ini di urutan pertama atau paling tidak di 5 besar atau 10 besar halaman SERP google mengalahkan situs-situs komersial yang harganya cukup tinggi dan mempunyai struktur link campaign yang solid.

Nah, dalam postingan kali ini saya akan mencoba membahas dengan menganalisa apa yang terjadi pada Wikipedia ini, terutama dari segi teknik optimasi SEO internal Wikipedia sendiri. Karena saya menemukan internal link yang sangat konsisten dan baik di dalamnya.


Berikut adalah analisa situs Wikipedia dilihat dari segi optimasi SEO internalnya.


1.      Internal Link
Internal link sendiri merupakan kampanye link yang sangat solid dan ini telah dipraktekan di situs Wikipedia. Wikipedia mempunyai kebiasaan melakukan internal link yang sangat baik dan juga konsisten, sehingga kita bisa menemukan banyak sekali link-link yang tertaut ke halaman-halaman di situs tersebut dalam satu paragraf saja. Maka tidaklah heran jika situs Wikipedia ini sering sekali muncul di urutan pertama atau 5 sampai 10 besar halaman SERP google untuk sebuah keyword yang sangat kompetitif.

2.      Navigasi Situs (Site Navigation) yang banyak
Navigasi situs yang baik merupakan dasar dari teknik optimasi on site. Semakin lengkap navigasi situs dalam sebuah situs akan semakin baik. Dan Wikipedia sendiri mempunyai hal ini. Situs ini bukan hanya berisikan navigasi seperti Home, About, atau pun halaman-halaman kategori, melainkan juga memiliki related post, random post, dan juga halaman-halaman lainnya. Ini bisa kita liat di hampir seluruh sidebar dan kolom di Wikipedia sehingga pembaca yang sedang membaca di situs tersebut merasa benar-benar disuguhkan dengan semua informasi yang ada disana.

3.      Anchor Text
Wikipedia juga selalu memberi anchor text yang lengkap dan deskriptif saat memberi tautan ke halaman lainnya, sehingga search engine akan langsung mengidentifikasi topik ke halaman tersebut.

4.      Tidak ada link keluar (Outbond Link) tanpa nofollow link
Hal lainnya yang dipraktekan Wikipedia adalah tidak memberikan link keluar tanpa diberi atribut rel nofollow. Wikipedia selain sangat jarang memberi link keluar kepada website lain, namun jika terpaksa memberi link keluar (biasanya link milik kontributor Wikipedia dalam profilenya), link tersebut pasti diberi atribut rel nofollow.

5.      Selalu update
Yang kelima ini merupakan kebiasaan Wikipedia yang lain yakni rutinnya melakukan update dengan konten yang informatif, edukatif dan segar, dan juga hal yang diajurkan dalam SEO.

Kelima hal di atas tadi adalah analisa teknik optimasi SEO internal Wikipedia yang selalu dilakukan secara serius dan konsisten oleh situs tersebut sehingga dapat membuahkan hasil yang luar biasa seperti sekarang ini, disamping juga eksternal, maka hampir semua keyword kompetitif pun dikuasainya.

Sumber: abibakarblog.com

No comments:

Post a Comment