Sunday, January 2, 2011

Bahayanya Mensubmit Artikel Ke Social Bookmarking

Belajar SEO Blogspot – Tak dapat dipungkiri lagi kalau ingin mendapatkan suntikan trafik kunjungan selain dari search engine, sobat juga harus mensubmit atau mengirimkan artikel sobat ke situs-situs social bookmarking. Memang social bookmarking ini banyak memberikan kita suntikan-suntikan yang berbau positif seperti meningkatkan trafik pengunjung bahkan mendapatkan backlink dengan cuma-cuma. Tapi jangan terlalu melihat dari segi positifnya saja sob. Sebenarnya masih ada sisi negatif yang diberikan yang bisa dibilang sangat tidak bagus dalam optimasi SEO blogspot di mesin pencari (search engine). Apakah itu ?

Baik, sebagai contoh saya mengambil studi kasus dari situs social bookmarking Digg. saran saya setiap sobat selesai memposting artikel dan ingin mensubmitnya, jangan dulu buru-buru disubmit ke situs Digg ini. Mengapa? Sebab search engine akan mengira kalau postingan artikel yang sobat submit itu adalah hasil copy-paste. Ini membuat peringkat blog sobat di mata google bisa jatuh. Bingung ?

Jadi maksud saya begini sob. Setiap sobat selesai memposting artikel itu bukan berarti search engine langsung mengindex halaman postingan baru sobat itu secara langsung. Apabila sobat langsung mensubmit artikel itu ke Digg contohnya, coba pikir dulu, mana lebih cepat terindex search engine atau submit artikel ke Digg itu?

Tentu saja jawabannya adalah artikel yang baru sobat submit itu kan! Nah secara otomatis search engine akan mengira kalau artikel sobat tersebut adalah artikel hasil copy-paste, yang seperti kita tahu kalau search engine, termasuk google tidak suka dengan artikel copas content. Ini juga bisa membuat search engine tidak lagi mengindex halaman postingan artikel baru sobat itu. tentunya semua ini akan mempengaruhi optimasi SEO blogspot sobat bukan?! Nah, maka dari itu berhati-hatilah!

Jadi, kesimpulannya adalah setelah sobat selesai memposting artikel baru, janganlah langsung mencoba mensubmit ke situs social bookmarking dulu. Biarkan search engine mengindex halaman artikel baru sobat itu dengan sempurna. Jika ternyata search engine sudah berhasil mensubmit artikel sobat itu, barulah sobat boleh mencoba mensubmit artikel sobat itu ke situs  social bookmarking.

Nah, jadi sudah jelas bukan kalau situs social bookmarking juga memiliki sisi negatifnya seperti yang kita bahas tadi. Dan sekarang sobat sudah tahu bahayanya mensubmit artikel ke social bookmarking ini. Jika sobat berkenan, cantumkanlah pertanyaan-pertanyaan yang dirasa sobat ingin ditanyakan kepada saya lewat kotak komentar. Saya pasti akan membalasnya. :)

Baiklah sekian dulu perjumpaan kali ini. Jika tidak ada halangan yang berarti, saya akan memposting artikel belajar SEO blogspot yang lainnya juga. Sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment