Friday, March 30, 2012

Panduan cara install linux Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang paling populer saat ini, selain itu sistem operasi ini open source/ bersumber terbuka alias gratis. Berbeda dengan windows, sistem operasi bebas untuk disebarluaskan tanpa pemungutan biaya, dan jika anda mengerti bahasa pemrogaman sistem operasi bisa di kembangkan sesuai keinginan anda. Selain itu linux juga memiliki banyak distro selain Ubuntu, antara lain; Mandriva, SuSE, slackware dan lain-lain.
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara menginstal linux Ubuntu. Ubuntu yang saya gunakan kali ini adalah 10.10 Marverick Meerkat, (kemungkinan untuk  versi lain proses penginstalan tak jauh beda) selain perlu di ingat spesifikasi komputer atau laptop sudak memadai atau tidak. Untuk spesifikasi pada Ubuntu kali ini komputer, minimal harus memiliki RAM 256 MB (semakin besar semakin bagus) sedang Hardisk minimal berkapasitas 10 GB.
Berikut langkah-langkah penginstalan Ubuntu.
1.       Nyalakan komputer/laptop, kemudian masuk ke BIOS dan atur proses booting awal agar CDROM/DVDROM

2.       Masukkan CD instalasi tadi ke komputer dan tunggu hingga muncul kontak untuk memilih bahasa  “pilih bahasa sesuai keinginan anda dan klik install Ubuntu untuk memulai proses penginstalan”.

3.       Tunggulah sampai muncul kotak “preparing to install Ubuntu”, Ubuntu akan memeriksa mengenai berbagai hal yang butuhkan  sata proses pemasangan. Untuk mempercepat proses pengintalan saran saya jangan klik (centang) pada “download update while installing”. Kemudian klik (centang) pada “install thisparty software” dan klik forward.

4.       Setelah itu akan muncul kotak “Allocate drive space” pada langkah ini kita akan membuat partisi hardisk untuk ubuntu , pilih Specify partitions manually (advance), klik forward. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.



Pilih free space, kemudian klik add…
“pilih Logical jika dalam komputer atau laptop anda sudah terinstall sistem operasi lain (seperti) windows, sedangkan jika komputer anda belum terinstall sistem operasi lain pilihlah Primary. Untuk kapasitas partisi silahkan sesuaikan dengan kebutuhan, kemudian pada use as pilih ‘Ext 4vjournaling file system’,  dan pada ‘mount point’ pilihlah ‘/’ dan klik ok.
5.       Pada langkah ini kita akan membuat partisi “swap”.  Klik pilih”free space” dan selanjutnya klik add


”pada “type for the new partitions” pilih “Logical”. Untuk  yang memiliki kapasitas RAM lebih dari 1GB, ukuran swap bisa 1/3 saja dari ukuran RAM anda. selanjutnya klik ok.

Inilah tampilan setelah partisi yang dibutuhkan selesai. Selanjutnya klik Install now “untuk memulai proses penginstalan”
6.       Selanjutnya pilihlah zona waktu sesuai tempat tinggal anda, kemudian klik ‘forward’

7.       Pada Keyboard Lay Out ‘pilihlah USA’. Kemudian klik forward.
8.       Pada langkah ini kita akan membuat User account,

Akun ini digunakan nanti saat  memulai Ubuntu, anda akan diharuskan memasukkan user name dan password. Selain itu anda juga bisa memilih Login automatically anda tidak akan diharus memasukan user name dan password saat memulai Ubuntu, settingan ini bisa dirubah nanti setelah selesai penginstalan. Kemudian klik forward

9.       Setelah muncul tampilan seperti dibawah ini. Proses penginstalan telah berjalan, anda tinggal menunggu,”mungkin proses berlangsung sampai 30 menit  tergantung dari spesifikasi komputer anda”
10.   Setelah muncul title”installation complete” proses instalasi telah selesai. Tunggu beberapa saat hingga CD keluar. Dan terakhir tekan enter sistem akan memulai reboot
11.   Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment