Thursday, March 15, 2012

Tips Menjadi Teknisi Komputer Professional

Tips Menjadi Teknisi Komputer Professional adalah sebuah panduan ringan untuk menjadikan kita sebgai teknisi komputer handal dan dapat dieprcaya oleh klien. Selain itu artikel ini juga untuk memacu anda agar bisa menjadi teknisi komputer, paling tidak menjadi teknisi bagi komputer anda seniri. Jadi, kalau anda menemukan masalah dengan komputer yang anda miliki, tidak langsung dilarikan ke tukang servis.

Tahukah anda, kalau teknisi komputer saat ini sangat dibutuhkan. Mulai dari instansi, corporate, dan individu membutuhkan orang-orang yang ahli memperbaiki komputer atau disebut teknisi komputer. Hal ini disebakan kebanyakan orang tidak mau melakukan sedikit usaha untuk memperbaiki komputernya sendiri. Mereka memilih jalan pintas, yaitu membawa ke tukang servis atau memanggil teknisi komputer panggilan. Dan tahukan anda, kalau Ustadz Yusuf Mansur juga pernah menjadi teknisi komputer panggilan. Nah lho….

Menjadi teknisi komputer panggilan memang merupakan peluang usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Bayangkan jika dalam sehari anda bisa melayani 5 klien saja. Itu artinya penghasilan anda sehari adalah Rp. 50.000 (harga umum) x 5 = Rp. 250.000. Wah sudah cukup lumayan tuh.

Tapi, mejadi teknisi komputer tidak bisa sembarangan, apalagi teknisi komputer panggilan. Benar-benar dibutuhkan keterampilan yang memadai profesionalitas. Mengapa demikian? Karena pada saat anda memperbaiki komputer, orang atau pemilik komputer terkadang melihat secara langsung apa yang anda lakukan. Jadi, jangan sampai anda kelihatan bego di depan klien. Lalu apa tips agar kita menjadi seorang teknisi komputer yang handal dan professional? Tipsnya adala sebagai berikut :

Tips Menjadi Teknisi Komputer Professional
1.      Disiplin.
Disiplin adalah hal yang sangat penting dalam pekerjaan apapun. Dalam hal kita menjadi teknisi komputer panggilan, jangan sampai kita membuat janji kalau sekiranya kita tidak bisa memenuhi atau tidak datang. Periksa agenda kerja, setiap kita menerima panggilan servis.
2.      Jujur
Kejujuran sangat penting. Terkadang seorang klien atau pemilik komputer akan dengan sangat percaya membiarkan kita sendiraian berada diruangan pribadinya. Jaga kepercayaan ini dengan tidak memanfaatkan kesempatan untuk hal-hal negatif. Selain itu juga harus jujur dalam memberikan keterangan bagian apa saja yang rusak pada komputer. Kalau rusak ringan ya ngonomg ringan, kalau rusak berata ya ngomong rusak berat. Jangan membodohi klien.
3.      Peralatan Lengkap
Setiap anda panggilan servis, siapkan peralatan yang dibutuhkan secara lengkap. Jangan sampai pada saat sudah ditempat, kita malah meminjam obeng sama yang punya rumah. Jelas, ini menggambarkan ketidak professionalan kita.
4.      Bekerja Secara Rapi
Setelah selesai bekerja rapikan kembali tempat seperti keadaan semula pada saat anda datang. Rapikan kabel-kabel, sehingga tidak mengganggu pemandangan dan menghambar kelancaran kerja sang klien.
5.      Komunikasi Yang Baik
Komunikasikan setiap problem dengan klien dengan cara yang baik dan sopan. Misal anda akan memberitahukan ada komponen yang rusak dan membutuhkan dana tambahan, maka komunikasikan secara baik-baik. Selain itu saat datang dan pergi kita juga harus memberikan kesan yang baik dan sopan. Dengan demikian, mereka tidak akan menganggap sebagai orang lain atau teknisi komputer panggilan semata, tapi juga akan menganggap anda sebagai saudara.

Nah itu adalah tips untuk menjadi teknisi komputer professional. Nah kalau anda masih ragu untuk menjadi teknisi komputer disebabkan karena minimnya pengetahuan dan keterampilan, gak usah khawatir. Di blog ini sudah disediakan secara lengkap materi-materi yang dibutuhkan sebagai modal awal menjadi teknisi komputer. Panduan teknisi komputer secara lengkap ada dalam satu paket dan bisa anda bawa pulang ada di sini. Silakan klik http://bisnisonlinetips.com/dpcworld

No comments:

Post a Comment